Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhitungan MDP 2024 Format Excel

Perhitungan-MDP-2024-Format-Excel
Perhitungan MDP 2024 Format Excel

MDP 2024 menggantikan edisi tahun 2017 untuk menyelaraskan MDP dan Spesifikasi Umum untuk Pekerjaan Jalan dan Jembatan, serta mengintegrasikan beberapa pedoman teknis terkait dengan perencanaan teknis atau perancangan perkerasan jalan, preservasi perkerasan jalan dengan memperhatikan daya dukung tanah dasar, serta pembaharuan nilai parameter karakteristik material lokal.

MDP 2024 menggunakan pendekatan mekanistik empirik dalam perancangan perkerasan lentur dengan keluaran berupa katalog struktur.

Ruang Lingkup

Lingkup Surat Edaran ini meliputi:

1. Bagian I mencakup desain perkerasan lentur dan perkerasan kaku untuk jalan baru dan pelebaran jalan, serta menjelaskan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan struktur perkerasan termasuk detail desain, drainase, dan persyaratan konstruksi.

2. Bagian II mencakup desain untuk rehabilitasi dan rekonstruksi perkerasan jalan.

Perubahan di MDP 2024

Untuk desain perkerasan jalan baru, pendekatan desain struktur perkerasan lentur yang direkomendasikan dalam MDP menggunakan metode analisis mekanistik empirik, melalui penyeragaman target rencana daya dukung tanah dasar, keluarannya disajikan dalam bentuk katalog struktur perkerasan yang dirancang berdasarkan karakteristik, parameter material, dan respon struktur perkerasan terhadap beban rencana tertentu.   

Bagian I

a. Istilah capping layer dihilangkan karena merupakan nama fungsi material. Pada MDP Bagian I ini, istilahnya menjadi timbunan pilihan berbutir kasar dengan minimum CBR 30%, PI (6-15) dengan ukuran agregat maksimum 50 mm (seperti material sirtu) atau dapat menggunakan LFA Kelas C.

b. Penangan tanah problematik dengan ketebalan di atas 1 m direkomendasikan dianalisis secara geoteknik.

c. Perhitungan volume lalu lintas untuk kebutuhan desain lalu lintas rencana tidak mempertimbangkan batasan Rasio Volume Kapasitas (RVK).

d. Pada MDP ini, untuk keberfungsian drainase bawah permukaan sudah dibuatkan opsi tipikal konstruksi lapisan drainase beserta outletnya baik di daerah galian maupun timbunan.

e. Nilai reliabilitas yang digunakan baik untuk desain struktur perkerasan baru maupun untuk desain rehabilitasi adalah 90%.

f. Bagan Desain katalog perkerasan lentur juga telah diubah dan ketebalannya disesuaikan dengan kemampuan alat pemadat pada setiap lapisan.

g. Untuk lalu lintas rencana ESAL >30 juta direkomendasikan menggunakan Aspal PG70 (System Performance Grade, PG).

h. Bagan Desain-4 diubah menjadi Bagan Desain-11, untuk perkerasan kaku diubah isinya menjadi kriteria, spesifikasi, dan mutu bahan desain perkerasan kaku untuk lalu lintas berat.

i. Untuk desain perkerasan kaku mengacu pada Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003 dengan dilengkapi formula dari pedoman Austroads AGPT02-2017.

j. Bagan Desain-4A diubah menjadi Bagan Desain-8A untuk perkerasan kaku pada jalan dengan beban lalu lintas rendah yang mengacu pada SNI 8457:2017.

Bagian II

a. Uraian detail desain tebal lapis tambah pada beberapa jenis perkerasan.

b. Prosedur tebal lapis tambah perkerasan lentur untuk lalu lintas rencana >10 juta ESA dan untuk lapis tambah perkerasan kaku dengan aspal serta perkerasan komposit merujuk pada Buku AASHTO 1993. 

Pada Bagian 2 Buku MDP 2024 ini diuraikan lebih detail, termasuk ekuivalen beban sumbu untuk perkerasan lentur ditetapkan menggunakan SN sebesar 5 dan untuk perkerasan kaku dengan D sebesar 10 inci sesuai AASHTO 1993 (Guide for Design of Pavement Structures) dan IPt yang digunakan sebesar 2,5. Selain itu, diuraikan lebih detail untuk VDF masing-masing kelas kendaraan.

c. Tipe sumbu kendaraan yang tidak terdapat pada buku AASHTO 1993, pada buku Manual ini mengacu pada formula ekuivalen beban sumbu metode Austroad.

d. Prosedur tebal lapis tambah lapis beton semen di atas perkerasan lentur merujuk pada metoda Austroads AGPT05-19 yang dimodifikasi.

e. Lampiran mengenai level desain pemicu penanganan tidak disertakan pada dokumen MDP ini.

Tahapan Perhitungan MDP 2024 Format Excel

1 Informasi Kegiatan

2 Data - Data

  a. Data

  b. Data California Bearing Ratio (CBR)

  c. Data Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR)

3 Faktor Ekuivalen Beban (Vehicle Damage Factor)

4 Beban Sumbu Standar Kumulatif (ESA)

 a. Cumulative Equivalent Single Axle 4 (CESA4)

 b. Cumulative Equivalent Single Axle 5 (CESA5)

5 Tipe Perkerasan

5 Struktur Fondasi Perkerasan

6 Drainase Perkerasan Jalan

7 Struktur Perkerasan

Download Perhitungan MDP 2024 Format Excel

File ini termasuk file yang BERPASWORD dan BERBAYAR, untuk mendapatkan password silahkan menghubungi KONTAK KAMI. Atau silahkan klik tab INFORMASI pada web untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Harga Download Preview

Screenshoot Perhitungan MDP 2024 Format Excel

Perhitungan-MDP-2024-Format-Excel-01
Perhitungan MDP 2024 Format Excel 01

Perhitungan-MDP-2024-Format-Excel-02
Perhitungan MDP 2024 Format Excel 02

Post a Comment for "Perhitungan MDP 2024 Format Excel"