Perhitungan Suplemen MDP 2017 Excel
Perhitungan Suplemen MDP 2017 Excel 01 |
Suplemen Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 SE 2020
Suplemen Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 No. 18/SE/Db/2020 merupakan penyempurnaan dan pemutakhiran terhadap Manual Desain Perkerasan (MDP) 2017 No. 04/SE/Db/2017 (Revisi Juni 2017) yang meliputi perubahan struktur penyajian dan penambahan serta perbaikan kandungan manual yang disusun untuk mengakomodasi tantangan dan hambatan dalam kinerja aset jalan di Indonesia.
Umum
1. Menambahkan kandungan MDP 2017 dengan bahan, beban, dan lingkungan atau lokasi tertentu yang belum dibahas secara spesifik, atau perlu diperbaharui.
2. Menyesuaikan kandungan MDP 2017 dengan perkembangan terakhir seperti Spesifikasi Umum 2018 dan Spesifikasi Umum 2018 (Revisi 2) dan
3. Menjelaskan, menambah, melengkapi, dan/atau mengubah sebagian dari kandungan MDP 2017 sesuai dengan keperluan
Maksud Dan Tujuan
Surat Edaran ini dimaksudkan sebagai acuan teknis dalam pelaksanaan pekerjaan desain perkerasan jalan di Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat;
Adapun Surat Edaran ini bertujuan untuk terlaksananya konstruksi jalan yang dapat memberikan pelayanan secara optimal terhadap lalu lintas sesuai dengan umur rencana.
Ruang Lingkup
Kandungan Suplemen MDP 2017 meliputi:
2. Penambahan alternatif tipikal varian drainase perkerasan pada Bab 5, Tabel 5.2 Koefisien Drainase "m" untuk tebal lapis Berbutir;
3. Perubahan dan penambahan Bagan Desain-3, Desain Perkerasan Lentur dengan Cement Treated Base (CTB), dengan variasi ketebalan CTB 150 mm hingga 300 mm;
4. Penambahan Bagan Desain-3B, Desain Perkerasan Lentur-Aspal dengan Lapis Fondasi Berbutir, dengan (a) desain perkerasan aspal beton untuk jalan dengan beban lalu lintas rendah dan (b) desain perkerasan aspal beton di atas Lapis Fondasi Agregat (LFA) dengan ketebalan LFA 300 mm dan 400 mm;
5. Penyederhanaan kandungan Bagan Desain-4, Perkerasan Kaku Untuk Jalan dengan Beban Lalu Lintas Berat. Menyajikan ketentuan dasar desain perkerasan kaku dengan sambungan, menggunakan ruji (dowel), serta bahu beton dengan batang pengikat (tied shoulder) atau satu kesatuan (monolit) dengan pelat beton lajur lalu lintas, tanpa tulangan distribusi retak. Berlaku untuk beban faktual dan beban nornal. Perancang menentukan tebal struktur
dihitung menggunakan software seperti Software Desain Perkerasan Jalan (SDPJ); dan
6. Ralat Graflk dan revisi Bagan Desain 4-7 Perkerasan Tanpa Penutup Beraspal atau dengan Lapis Permukaan Beraspal Tipis. Disertai penjelasan cara penggunaan grafik desain dan contoh penggunaannya;
Tambahan penjelasan Bab 2 mengenai Tabel 2.1 Umur Rencana Jenis Penanganan terkait dengan umur rencana penanganan rekonstruksi dan rehabiitasi.
Struktur Perkerasan Baru
1. Faktor Ekivalen Beban (Vehicle Damage Factor)
Jika survei beban gandar tidak mungkin dilakukan oleh perencana dan data survei beban gandar sebelumnya tidak tersedia, maka nilai VDF dan Distribusi Beban HVAG pada Lampiran 1 hingga 10 dapat digunakan untuk menghitung beban rencana.
Lampiran 2 hingga Lampiran 5 menunjukkan nilai VDF masing-masing kelas kendaraan niaga untuk setiap provinsi yang dapat digunakan untuk merancang desain perkerasan lentur.
Lampiran 7 hingga Lampiran 11 menunjukkan distribusi beban HVAG per provinsi untuk dapat digunakan dalam perencanaan perkerasan kaku.
Lampiran-lampiran tersebut diolah dari data studi WIM yang dilakukan Direktorat Jenderal Bina Marga pada tahun 2015 - 2019. Data tersebut perlu diperbarui secara berkala sekurang-kurangnya setiap 5 tahun.
2. Bagan Desain
a. Bagan Desain-3 Perkerasan dengan CTB
a. Untuk menjamin kesatuan lapisan maka CTB harus dilaksanakan dalam satu lapisan.
b. Dengan menggunakan alat pemadat yang normal digunakan untuk pelaksanaan perkerasan, kemampuan pelaksanaan pemadatan lapisan tunggal CTB terbatas hingga 150 mm.
c. Berdasarkan pengalaman di beberapa negara, perkerasan dengan aspal beton dengan ketebalan kurang dari 175 mm yang dihampar di atas lapisan CTB cenderung rentan terhadap retak refleksi akibat penyusutan lapisan CTB. Oleh sebab itu dirasa perlu untuk membatasi tebal aspal di atas CTB tidak boleh kurang dari 175 mm.
a. Varian ketebalan CTB 150 mm dipertahankan alas pertimbangan dapat dilaksanakan dengan alat pemadat yang normal digunakan pada pelaksanaan konstruksi perkerasan jalan.
b. Ditambahkan varian ketebalan CTB 200 mm; 250 mm dan 300 mm.
c. Ketebalan lapis aspal beton di atas CTB tidak kurang dari 100 mm.
b. Bagan Desain-3B Desain Perkerasan Lentur - Aspal dengan Lapis Fondasi Berbutir
b. Memberikan tambahan opsi struktur perkerasan dengan aspal baton untuk jalan lalu lintas rendah (sampai dengan satu juta ESA5).
a. Bagan Desain-3A Perkerasan Lentur dengan HRS
b. Bagan Desain-3B Perkerasan Lentur dengan Aspal beton
c. Bagan Desain-5 Perkerasan Berbutir dengan Laburan
d. Bagan Desain-6 Perkerasan Berbutir dengan Stabilisasi Tanah Semen
e. Bagan Desain-7 Perkerasan Tanpa Penutup Beraspal dan Lapis Permukaan Beraspal
Perhitungan MDP 2017 dan Suplemen MDP 2017
Perhitungan dibuat menggunakan ms. excell berdasarkan MDP 2017 dan Suplemen MDP 2017. Perhitungan ini hanya digunakan untuk menghitung :
b. Desain Tebal Overlay (perkerasan jalan lentur)
a. Perkerasan Jalan Baru (perkerasan jalan lentur)
Isi dari Perhitungan Perkerasan Jalan Baru sebagai berikut :
- Nama Paket
- Panjang Target
- Nama Ruas
- Kabupaten
- Provinsi
- Kelas Jalan
a. Data
a. Cumulative Equivalent Standard Axles 4 (CESA4)
b. Cumulative Equivalent Standard Axles 5 (CESA5)
5. Struktur Fondasi Perkerasan
6. Struktur Perkerasan
b. Desain Tebal Overlay (perkerasan jalan lentur)
Isi dari Perhitungan Desain Tebal Overlay sebagai berikut :
- Nama Paket
- Panjang Target
- Nama Ruas
- Kabupaten
- Provinsi
- Kelas Jalan
a. Data
a. Cumulative Equivalent Standard Axles 4 (CESA4)
b. Cumulative Equivalent Standard Axles 5 (CESA5)
Untuk lebih jelas dalam menggunakan Perhitungan Suplemen MDP 2017 Excel, bisa melihat Video Tutorial dibawah ini :
Download Perhitungan Suplemen MDP 2017 SE 2020 Format Excel
File ini termasuk file yang BERPASWORD dan BERBAYAR, untuk mendapatkan password silahkan menghubungi KONTAK KAMI. Atau silahkan klik tab INFORMASI pada web untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut. |
---|
Harga | Download | Preview |
Screenshoot Perhitungan Suplemen MDP 2017 SE 2020 Format Excel
Tampilan Perhitungan Suplemen MDP 2017 Format Excel seperti dibawah ini
Perhitungan Suplemen MDP 2017 Excel 02 |
Perhitungan Suplemen MDP 2017 Excel 03 |
Perhitungan Suplemen MDP 2017 Excel 04 |
Perhitungan Suplemen MDP 2017 Excel 05 |
Perhitungan Suplemen MDP 2017 Excel 06 |
Perhitungan Suplemen MDP 2017 Excel 07 |
Perhitungan Suplemen MDP 2017 Excel 08 |
Perhitungan Suplemen MDP 2017 Excel 09 |
Perhitungan Suplemen MDP 2017 Excel 10 |
Post a Comment for "Perhitungan Suplemen MDP 2017 Excel"