JENIS ATAU TIPE PONDASI PADA JEMBATAN
Jenis Pondasi Pada Jembatan | |
---|---|
Kode | : - |
Bahasa | : Indonesia |
Halaman | : 36 Halaman |
Format | |
Sumber | : Webinar PUPR |
Sifat | : GRATIS |
Download |
CUPLIKAN ISI EBOOK
MATERI PERANCANGAN TEKNIS JEMBATAN
Pondasi adalah bagian struktur bangunan pelengkap jalan yang berfungsi memikul serta melimpahkan seluruh beban dan gaya- gaya yang diperhitungkan ke lapisan tanah pendukung.
Bagian jembatan yang meneruskan beban langsung ke tanah atau batuan.
Tipe-Tipe Pondasi
1. Pondasi Dangkal
2. Pondasi Dalam
Jenis Pondasi Dangkal
1. Pondasi Langsung
2. Pondasi Sumuran
Jenis Pondasi Dalam
1. Pondasi Sumuran
2. Pondasi Tiang Pancang
3. Pondasi Tiang Bor
Kriteria Perancangan
Faktor keamanan
● Tiang Pancang
SF Tahanan Ujung = 3, SF Friksi = 3
● Sumuran dan langsung
SF Daya Dukung Tanah = 2.0,
SF Geser = 1.5, SF Guling =1.5
Deformasi Lateral dan Penurunan
● Deformasi lateral fondasi tiang yang diizinkan maksimum 1 inchi atau 2,5 cm yang di bawah pile cap
● Penurunan maksimum fondasi yang diizinkan 1 cm.
● Perencanaan fondasi menggunakan Working Stress Design (WSD)
● Fondasi direncanakan dengan memperhitungkan potensi scouring yang terjadi melalui analisa hidrolika
● Jenis fondasi seragam untuk satu lokasi jembatan termasuknya dimensi dimensinya
Data Perancangan Pondasi
1. Sondir
a. Tahanan lekat
b. Tahanan ujung
2. Boring Karakteristik Tanah
3. SPT
TIngkat kepadatan
Jumlah Titik Pengujian Lapangan
● Bentang jembatan < 20 m, 1 titik lokasi abutment, total 2 titik;
● Bentang jembatan > 20 m dan < 40 m, 1 titik abutment, total 2 titik;
● Bentang jembatan ≥ 40 m, 1 titik per abutment/pilar, minimal 3 titik.
Tahap Perencanaan
● Hitung beban dan gaya-gaya ultimit pada pondasi yang dihitung berdasarkan ketentuan yang berlaku;
● Hitung kekuatan dan kemantapan struktur terhadap:
○ Daya dukung tanah
○ Deformasi lateral dan vertikal
○ Stabilitas guling, geser
○ Kekuatan bagian struktur pondasi yang kritis
● Perencanaan keawetan berdasarkan
○ Mutu bahan
○ Mutu Struktur
Likuifaksi
● Tanah dasar pondasi dapat mengalami likuifaksi jika tekanan air pori ≥ tekanan keliling tanah dasar dan mengurangi tegangan efektif menjadi nol, sehingga menimbulkan penurunan diferensial bangunan yang berlebihan dan penurunan daya dukung batas.
● Pada pondasi dalam akan kehilangan daya dukung lateral jika tanah mengalami likuifaksi dan gaya-gaya geser horisontal yang menimbulkan tekuk dan runtuhan. Potensi likuifaksi dan kerusakan struktural dapat dikurangi dengan menggunakan berbagai metode perbaikan tanah
● Potensi likuifaksi harus dianalisis seperti dijelaskan dalam Dokumen EM 1110-1-1904 Settlement Analysis.
Post a Comment for "JENIS ATAU TIPE PONDASI PADA JEMBATAN"