Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR

PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR


PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR


Pedoman perencanaan tebal perkerasan lentur ini meliputi ketentuan umum perencanaan
uraian deskripsi, ketentuan teknis perencanaan, metode perencanaan, dan contoh-contoh
perencanaan.
Perencanaan tebal perkerasan yang diuraikan dalam pedoman ini hanya berlaku untuk
konstruksi perkerasan yang menggunakan material bergradasi lepas (granular material dan
batu pecah) dan berpengikat.
Petunjuk perencanaan ini digunakan untuk :
  ·  Perencanaan perkerasan jalan baru;
  ·  Perencanaan pelapisan tambah (Overlay);
  ·  Perencanaan konstruksi bertahap (Stage Construction).

Dalam menggunakan pedoman perencanaan tebal perkerasan lentur ini, penilaian terhadap
kekuatan perkerasan jalan yang ada harus terlebih dahulu meneliti dan mempelajari hasilhasil
pengujian di laboratorium dan lapangan. Penilaian ini sepenuhnya tanggung jawab
perencana, sesuai dengan kondisi setempat dan pengalamannya.
Cara-cara perencanaantebal perkerasan, selain yang diuraikan dalam pedoman ini dapat
juga digunakan, dengan syarat dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan hasil-hasil
pengujian para ahli.

Struktur Perkerasan Lentur
Struktur perkerasan lentur, umumnya terdiri atas: lapis pondasi bawah (subbase course),
lapis pondasi (base course), dan lapis permukaan (surface course).


Tanah Dasar
Kekuatan dan keawetan konstruksi perkerasan jalan sangat tergantung pada sifat-sifat dan
daya dukung tanah dasar.
Dalam pedoman ini diperkenalkan modulus resilien sebagai parameter tanah dasar yang digunakan dalam perencanaan Modulus resilien tanah dasar juga dapat diperkirakan dari CBR standar dan hasil atau nilai tes soil index. Korelasi Modulus Resilien dengan nilai CBR (Heukelom & Klomp) berikut ini dapat digunakan untuk tanah berbutir halus (fine-grained soil) dengan nilai CBR terendam 10 atau lebih kecil.
M (psi) = 1.500 x CBR

Persoalan tanah dasar yang sering ditemui antara lain :
a. Perubahan bentuk tetap (deformasi permanen) dari jenis tanah tertentu sebagai akibat
    beban lalu-lintas.
b. Sifat mengembang dan menyusut dari tanah tertentu akibat perubahan kadar air.
c. Daya dukung tanah tidak merata dan sukar ditentukan secara pasti pada daerah danjenis     tanah yang sangat berbeda sifat dan kedudukannya, atau akibat pelaksanaan konstruksi.
d. Lendutan dan lendutan balik selama dan sesudah pembebanan lalu-lintas untuk jenis
    tanah tertentu.
e. Tambahan pemadatan akibat pembebanan lalu-lintas dan penurunan yang
    diakibatkannya, yaitu pada tanah berbutir (granular soil) yang tidak dipadatkan secara
    baik pada saat pelaksanaan konstruksi.


Lapis Pondasi Bawah
Lapis pondasi bawah adalah bagian dari struktur perkerasan lentur yang terletak antara
tanah dasar dan lapis pondasi. Biasanya terdiri atas lapisan dari material berbutir (granular
material) yang dipadatkan, distabilisasi ataupun tidak, atau lapisan tanah yang distabilisasi.
Fungsi lapis pondasi bawah antara lain :
a. Sebagai bagian dari konstruksi perkerasan untuk mendukung dan menyebar beban roda.
b. Mencapai efisiensi penggunaan material yang relatif murah agar lapisan-lapisan di
    atasnya dapat dikurangi ketebalannya (penghematan biaya konstruksi).
c. Mencegah tanah dasar masuk ke dalam lapis pondasi.
d. Sebagai lapis pertama agar pelaksanaan konstruksi berjalan lancar.
Lapis pondasi bawah diperlukan sehubungan dengan terlalu lemahnya daya dukung tanah
dasar terhadap roda-roda alat berat (terutama pada saat pelaksanaan konstruksi) atau
karena kondisi lapangan yang memaksa harus segera menutup tanah dasar dari pengaruh
cuaca.
Bermacam-macam jenis tanah setempat (CBR > 20%, PI < 10%) yang relatif lebih baik dari
tanah dasar dapat digunakan sebagai bahan pondasi bawah.
Campuran-campuran tanah setempat dengan kapur atau semen portland, dalam beberapa
hal sangat dianjurkan agar diperoleh bantuan yang efektif terhadap kestabilan konstruksi
perkerasan.


Lapis Pondasi
Lapis pondasi adalah bagian dari struktur perkerasan lentur yang terletak langsung di bawah
lapis permukaan. Lapis pondasi dibangun di atas lapis pondasi bawah atau, jika tidak
menggunakan lapis pondasi bawah, langsung di atas tanah dasar.
Fungsi lapis pondasi antara lain :
a. Sebagai bagian konstruksi perkerasan yang menahan beban roda.
b. Sebagai perletakan terhadap lapis permukaan.
Bahan-bahan untuk lapis pondasi harus cukup kuat dan awet sehingga dapat menahan
beban-beban roda. Sebelum menentukan suatu bahan untuk digunakan sebagai bahan
pondasi, hendaknya dilakukan penyelidikan dan pertimbangan sebaik-baiknya sehubungan
dengan persyaratan teknik.
Bermacam-macam bahan alam/setempat (CBR > 50%, PI < 4%) dapat digunakan sebagai
bahan lapis pondasi, antara lain : batu pecah, kerikil pecah yang distabilisasi dengan semen, aspal, pozzolan, atau kapur.


Lapis Permukaan
Lapis permukaan struktur pekerasan lentur terdiri atas campuran mineral agregat dan bahan
pengikat yang ditempatkan sebagai lapisan paling atas dan biasanya terletak di atas lapis
pondasi.
Fungsi lapis permukaan antara lain :
a. Sebagai bagian perkerasan untuk menahan beban roda.
b. Sebagai lapisan tidak tembus air untuk melindungi badan jalan dari kerusakan akibat       
    cuaca.
c. Sebagai lapisan aus (wearing course)
Bahan untuk lapis permukaan umumnya sama dengan bahan untuk lapis pondasi dengan
persyaratan yang lebih tinggi.
Penggunaan bahan aspal diperlukan agar lapisan dapat bersifat kedap air, disamping itu
bahan aspal sendiri memberikan bantuan tegangan tarik, yang berarti mempertinggi daya
dukung lapisan terhadap beban roda.
Pemilihan bahan untuk lapis permukaan perlu mempertimbangkan kegunaan, umur rencana
serta pentahapan konstruksi agar dicapai manfaat sebesar-besarnya dari biaya yang
dikeluarkan.

Post a Comment for "PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR"